REFLEKSI PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT DI ERA PANDEMI COVID-19

Probolinggo, 15 Oktober 2020, Bagian Kesra melalui Subbag Kesejahteraan Sosial mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka Refleksi Pelayanan dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat di Era Pandemi Covid-19 oleh Narasumber Tenaga Ahli Walikota Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia Dr. Ir. H. Djony Harijanto, MDM. Pada acara tersebut dibuka oleh Kabag Kesra dan dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan serta beberapa OPD yang langsung berhadapan dengan pelayanan langsung dengan masyarakat. Dalam uraiannya Narasumber menyampaikan dalam refleksi terhadap apa yang menjadi rutinitas di OPD dimasa pandemi mengubah diri kita untuk melaksanakan tugas kedepan dengan :

  • Niat = Luruskan niat kita dalam melaksanakan tugas sehari-hari karena untuk ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA
  • Mimpi = dalam melaksanakan tugas yang lebih baik kita harus mempunyai mimpi yang besar untuk kemajuan OPD terutama Kota Probolinggo
  • Strategi = melakukan strategi untuk mewujudkan mimpi dalam melaksanakan tugas yang baik

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari dengan :

  • Buka Pikiran = kita harus berpikir positif dalam melaksanakan setiap pekerjaan
  • Buka Hati = kita harus melaksanakan tugas dengan senang hati dan tidak mudah mengeluh
  • Buka Tangan = kita harus melaksanakan tugas dengan tangan terbuka, ternuka kepada siapa saja dalam melayani masyarakat

Pelayanan Publik di Era Pandemi Covid-19

  • meningkatkan kesiagaan rumah sakit dan peralatan yang sesuai dengan standar upaya pencegahan dan penanganan
  • membatasi hubungan sosial (social distancing)
  • menghimbau untuk bekerja di rumah (work from home) bagi sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • meminta masyarakat untuk tetap di rumah serta mengurangi aktivitas ekonomi di luar rumah
  • instansi penyelenggara pelayanan publik yang membatasi layanan, menginisiasi layanan online bahkan sampai meniadakan pelayanan sementara

Upaya penyelenggara layanan dalam meningkatkan layanannya di tengah pandemi

  • menyediakan Informasi secara jelas mengenai standar pelayanan
  • meningkatakan sistem penyelenggaraan pelayanan secara online
  • adaptasi sarana, prasarana dan fasilitas pelayanan
  • meningkatkan kompetensi layanan
Tenaga Ahli menyampaikan uraian dalam rapat koordinasi

Related Posts

Back To Top