fbpx

RAKOR VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA KEMISKINAN DINAS SOSIAL KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2018

 

Probolinggo Kota, rabu (31/1/2018)Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Drs Ahmad Sudianto M.Si  menyampaikan sambutan Wali Kota pada kegiatan rapat koordinasi verifikasi dan validasi data kemiskinan Dinas sosial tahun 2018 di gedung puri manggala bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo.

kemiskinan tidak dipahami hanya sebatas ketidakmampuan ekonomi, tetapi juga kegagalan memenuhi hak-hak dasar dan perbedaan perlakuan bagi seseorang dalam menjalani kehidupan serta bermartabat, hak-hak dasar itu diakui secara umum antara lain meliputi terpenuhinya kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan dan perumahan.

Untuk mendapatkan angka yang pasti tentang data warga yang tergolong miskin diperlukan pendataan yang melibatkan peran serta dan kerjasama para PSM, PKH serta kelurahan maupun kecamatan. Selain itu dibutuhkan keakuratan data kemiskinan tentang jumlah angka yang pasti dan valid, dibutuhkan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait yang juga menangani masalah pengentasan kemiskinan di kota probolinggo.

Data tentang kemiskinan di kota probolinggo pada dasarnya sangat dibutuhkan sekali keakuratannya agar program pengentasan kemiskinan dari kementrian sosial republik indonesia bisa terlaksana dengan sukses.“ Selaku kepala pemerintahan, saya berharap data tentang warga yang masuk dalam kategori miskin haruslah valid, sehingga diharapkan program pengentasan kemiskinan bisa berhasil dan diharapkan angka kemiskinan di negara republik indonesia khususnya kota probolinggo semakin berkurang dan bahkan di harapkan tidak ada lagi warga yang miskin”.Ujar Ahmad Sudianto dalam sambutannya

Selanjutnya Sudianto menyampaikan harapanIbu Wali Kota Probolinggo Hj.Rukmini SH,Msi  pada kesempatan tersebut“ kedepannya pemerintah kota probolinggo semakin dapat meningkatkan kesejahteraan warganya agar bisa hidup lebih layak dan sejahtera sehingga pencapaian tujuan nasional negara kesatuan republik indonesia yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila bisa segera terwujud”.Pungkasnya

Terkait hal tersebut diatas Sekretaris Dinas Sosial Imam Cahyadi menjelaskan “ tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengevaluasi hasil dan pelaksanaan program kinerja tentang pendataan, verifikasi dan validasi data kemiskinan tahun 2017 dan tahun 2018”

“Meningkatkan kualitas dan efektivitas penanggulangan kemiskinan dari berbagai sektor sehingga mampu mendukung tumbuhnya sikap dan tekad kemandirian masyarakat miskin dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

Sekaligus meningkatkan profesionalitas pelayanan sosial bagi masyarakat miskin, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat. “Meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam pelayanan sosial secara terarah, terencana, terorganisasi dan melembaga atas dasar solidaritas sosial, kegotong royongan dan swadaya,” katanya.

Selanjutnya paparan materi di sampaikan oleh kedua nara sumber dari BAPPEDA LITBANG dan DINSOS. Kegiatan ini diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari: Lurah Se-Kota Probolinggo, Kasi Pemmas Se-Kota Probolinggo,perwakilan BPJS Kota Probolinggo, PSM Se-Kota Probolinggo, PKHSe-Kota Probolinggo , TKSK Se-Kota Probolinggo.(USHD/TAMA)