fbpx

KUNJUNGAN IBU WALI KOTA PROBOLINGGO KE RUMAH IBU YANG MEMBUANG BAYINYA

Probolinggo Kota, Selasa (6/2/2018). Wali Kota Probolinggo Hj. Rukmini, SH, MS.I berkunjung  ke rumah Karni (Ibu rumah tangga) yang telah membuang bayinya sendiri di Jalan Merbabu RT. 06 RW. 03 Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan.

Saat kunjung bayi tersebut Ibu Wali Kota Hj Rukmini SH, MS.I  didampingi Ka. Dinkes, Kabag. Kesra, Sekretaris Kecamatan Kademangan, Lurah Triwung Lor, Ka. Puskesmas Ketapang.

Di sela-sela kunjungan Ibu Wali Kota tersebut kami menyempatkan diri mencari informasi terkait kronologis pembuangan bayi tersebut kepada (Warno) warga Jalan Merbabu RT. 06 RW. 03 Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan yang pertama kali menemukannya.

Dari pengakuan Warno, saat itu Minggu pagi (28/1) pukul 06.30 WIB istrinya menyapu teras rumah sekitar. Betapa kagetnya melihat sesosok bayi terbalut kain dan kerudung menutup tubuhnya, akan tetapi bayi tersebut tidak menangis. Dirinya pun langsung memanggil saudaranya untuk segera membawa ke bidan setempat.

“Jadi saya langsung memanggil adik ipar mengambil bayi itu untuk segera dibawa ke Mega Lia, bidan setempat,” kata Warno

Beruntung kondisi bayi baik dan tidak sakit. “Kondisinya sehat dengan berat badan 3,2 kg dan panjang tubuhnya 46 cm. Diperkirakan bayi ini baru lahir sekitar 3 jam sejak penemuan bayi tadi. Bayinya tidak rewel,” tambah Mega Lia.

Terkait kunjungan Ibu Wali Kota tersebut, merupakan bentuk kepedulian terhadap warganya. Beliau memberikan motivasi kepada Karni supaya tidak berlarut-larut dalam masalah tersebut, Ibu Wali Kota  juga mengupayakan dalam pembuatan KIA,KK,AKTE. Di samping itu beliau juga meberikan bantuan secara tunai, berupa uang, susu SGM, popok bayi dll.(Usman/TAMA/MI)